Kamis, 12 April 2012

Being a College Student



Aku belum pernah melakukan hal ini. Aku bahkan tak bisa mencari pengalaman perbandingan dari masa lalu.
Dunia kampus !

Bergelut di dunia kampus, seperti mengenakan sepatu di pancuran.


Aku sedang merantau, hidup sendiri untuk pertama kali.
Masa anak-anak seakan sudah berakhir.
Kamar asramaku mestinya berukuran sama dengan kamar yang ku lihat saat kunjungan ke kampus, tapi aku tahu kamar yang ini lebih kecil, lebih dingin, dan lebih jelek daripada yang kulihat saat ditemani orang tuaku.
Aku masuk dan berdiri di depan gadis yang tak pernah ku temui, yang harus tinggal bersamaku sepanjang tahun. Pakaiannya berbeda denganku dan berasal dari daerah yang belum pernah ku kunjungi. Kami mungkin tak memiliki kesamaan.


Hari-hari pertama bagaikan mimpi. Pancuran terus menjadi lahan uji untuk kemampuanku menyesuaikan diri dengan kondisi ini.
Aku melirik orang-orang di koridor, bertanya-tanya siapa yang bisa menggantikan sahabat yang kutinggalkan di kampung halaman.


Aku menangis hingga tertidur beberapa kali, dan menemukan diriku menghitung hari hingga liburan semester.
Apa yang dulu aku pikirkan ?
Jika aku memilih universitas negeri yang hanya sejauh tiga puluh menit, malah mungkin lebih aman.
Aku menelpon ke rumah dan menceritakan kepada orang tuaku betapa aku merindukan rumah.


Namun, setelah beberapa lama, ketika aku mulai dapat menyesuaikan diri, semuanya terlihat sedikit lebih baik.
Aku mulai menyukai mengobrol bersama beberapa gadis di kampus.
Aku mungkin masih menangis sampai tertidur dimalam hari, tetapi ada yang berubah.
Pada akhirnya, saat aku menangis, aku menemukan diriku berjalan di ujung lororng memasuki kamar orang lain,bukannya menelpon orang tuaku.
Dan, saat aku menelpon mereka, yang dapat kubicarakan hanyalah tentang gadis di ujung lorong yang mengerti apapun yang kukatakan.
Dan ketika aku akan pulang, tempat yang kurujuk adalah asramaku, tempat yang terasa begitu dingin dan jelek di minggu pertama....






Adapted from Chicken Soup for the College Soul