Sabtu, 12 Mei 2012

Pola-Pola Interaksi Dalam Dunia Kampus

Pola ~ Pola Interaksi Dalam Dunia Kampus
Written by : Novita Fatmawanti ( F 211 11 015)
Sastra Inggris, FIB-UH 2011
Subject : Masyarakat dan Kebudayaan Indonesia


Maba Unhas 2011

Saat ini, sebagai mahasiswa  yang baru saja memasuki dunia perkuliahan, wajib hukumnya untuk melakukan interaksi sosial terhadap warga masyarakat  yang berada dalam dunia kampus. Kali ini, saya ingin memaparkan berbagai pola-pola interaksi yang terjadi selama saya berada di dunia kampus, utamanya sebagai mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin,  Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Inggris.
Berbagai macam interaksi tentu saja terjadi dalam proses sosialisasi dan proses adaptasi saya selama menjadi mahasiswa baru. Interaksi secara informal biasanya terjadi antara sesama mahasiswa baru, dimulai dari perkenalan, belajar bersama dan seringnya berkumpul bersama hingga dapat menjadi akrab satu sama lain. Tidak mudah memang untuk beradaptasi  utamanya dalam lingkungan baru, namun dengan adanya penyesuaian diri yang baik, komunikasi dan kerja sama satu sama lain, maka interaksi sosial yang terjadi diantara kami pun dapat berjalan lancar. Selain itu, dari sisi pengamatan saya, pola interaksi pertemanan yang sering terjadi di kalangan mahasiswa baru antara lain keakraban karena kesamaan sekolah terdahulu, kesamaan tempat daerah asal, kesamaan tempat tinggal ataupun seringnya berada di kelas perkuliahan yang sama merupakan faktor pendukung dalam berinteraksi antara sesama mahasiswa baru. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, akan menciptakan intensitas dalam berkomunikasi sehingga satu sama lain dapat cepat akrab.
Selain itu, tentunya kami juga melakukan interaksi terhadap mahasiswa senior. Biasanya kami di kumpul oleh para senior. Dalam pengumpulan tersebut, tentu saja terjadi interaksi antara kami dan senior, kami sebagai mahasiswa baru, haruslah menghormati para senior.  Sebagai mahasiswa baru, kami juga tak lepas dari pengawasan para senior. Senior-lah yang mengenalkan kepada kami peraturan dan tata tertib yang ada dalam kampus. Disamping itu, senior juga memberikan beberapa tugas-tugas kepada kami, sehingga dapat tercipta interaksi dan sosialisasi antara senior dam mahasiswa baru. Hal-hal seperti itu berfungsi untuk membangun solidaritas dan rasa tanggung jawab kami.
            Interaksi  lain yang terjadi dalam dunia perkuliahan yaitu antara mahasiswa dan dosen. Interaksi formal biasanya terjadi di dalam ruang perkuliahan. Dosen biasanyamenerapkan beberapa peraturan ketika didalam ruang kuliah. Dari pengamatan saya, biasanya ada beberapa interaksi antara dosen dan mahasiswa yang kurang berjalan mulus. Contohnya, ketika ada dosen yang menerapkan peraturan yang teralu ketat dan berlebihan. Selain itu biasanya kami para mahasiswa akan merasa tidak puasa ketika ada dosen yang tidak jelas dalam menerangkan atau mentransfer ilmunya.

(Masbudi Assignment , 2011)