Kamis, 12 Juli 2012

Dorayaki


Dorayaki’s Story



Pecinta anime di Indonesia pasti sudah mengenal Dorayaki, kue kesukaan Doraemon ini ternyata mempunyai sejarah yang menarik. Dikisahkan, konon dahulu kala Dorayaki diciptakan oleh seorang pendekar bernama Saito Musashibo Benkei. Benkei adalah seorang biksu di Gunung Hiei. Ketika kalah dalam berduel, ia menderita luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung di atas gong (kabarnya Dorayaki dinamakan karena bentuknya seperti gong atau “dora” dalam bahasa Jepang). Selesai memanggang adonan, Benkei memberikan kue bundar berisi selai kacang tersebut kepada penduduk yang telah merawatnya.Pada awal pembuatannya Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit sehingga berbentuk segi empat, namun skarang berubah menjadi dua lembar dan berbentuk bundar. Pada tahun 1914, Dorayaki diperkenalkan oleh perusahaan kue Usagiya dan menjadi populer di seluruh Jepang. Di Indonesia Dorayaki juga dikenal dengan sebutan Obanyaki dan rasanya sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.


Resep Dorayaki


Pastinya kamu sudah sangat familiar dengan film doraemon, kartun Jepang yang diputar di salah satu saluran Tv selama bertahun-tahun. nah disitu dikisahkan doraemon ini sangat suka makan kue dorayaki. mau tau resep nya? ini dia

Bahan :
·         100 gram tepung terigu
·         3 butir telur
·         75 ml susu cair
·         2 sendok makan gula pasir
·         1 sendok makan madu
·         1/2 sendok teh garam
·         margarin untuk mengoles
Isi :
·         100 gram kacang merah
·         3 sendok makan gula pasir
·         150ml susu cair

Cara membuat :
  1. Campur gula pasir, madu, telur dan garam, kocok hingga kental. Tambahkan tepung terigu dan susu cair, aduk rata.
  2. Panaskan cetakan dorayaki atau wajan anti lengket diameter 8cm, oles dengan margarin. yuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 tinggi cetakan. Biarkan hingga permukaannya berlubang-lubang, kemudian tutup cetakan dan masak hingga bagian bawah berwarna kecokelatan. Angkat.
  3. Isi : rebus kacang merah hingga lunak, tiriskan dan haluskan. Masak kembali kacang merah ditambah gula dan susu cair sampai mengental, angkat.
  4. Olesi permukaan dorayaki dengan isi dan tutup dengan dorayaki lagi. Dorayaki siap dihidangkan.